Sunday, January 10, 2010

Perawatan Payudara Ibu Menyusui

Alangkah baiknya para wanita harus selalu memperhatikan kesehatan serta keindahan tubuh, diantaranya Payudara. Tentunya setiap wanita menginginkan payudara yang ideal dan menarik. Maka kadang kita mendengar, ada beberapa bunda memilih untuk tidak menyusui sang buah hati, karena khawatir payudara akan menjadi kendor dan tidak menarik lagi. Tak hanya itu, keinginan bunda menyusui buah hatinya kadang terhambat oleh ketidaknyamanan yang timbul saat proses menyusui, misalnya sakit saat menyusui karena lecet & perih. Padahal kekhawatiran seperti ini sebetulnya tidak perlu terjadi, apabila setiap bunda sadar dan mengetahui bagaimana cara merawat payudara secara teratur & benar. Oleh Karena itu, berikut ini saya sampai beberapa tips & saran yang bisa dilakukan , diantaranya :

* Cucilah puting dengan air hangat dan hindari mencuci dengan air sabun, karena dapat merusak pelembab alami yang dibuat oleh tubuh untuk menjaga kelenturan payudara sehingga tidak kering. Usap setiap kotoran dengan handuk yang bersih & lembut.
* Kenakan BH yang nyaman dan bisa menyangga payudara dengan baik ,tentunya ganti BH dengan ukuran yang lebih besar dan gunakan BH untuk menyusui.
* Pada saat usia kehamilan menjelang 8 bulan, bila puting terlalu pendek, datar, atupun tertarik ke dalam, maka tariklah pelan-pelan masing–masing puting keluarkan dan pilir-pilir dengan ibu jari & telunjuk menggunakan baby oil, selama be berapa menit setiap pagi dan sore dengan teratur. Hal ini dilakukan agar nanti pada saat menyusui, puting tidak akan sakit & lecet.
* Gantilah BH minimal 2 kali sehari. BH yg lembab karena air susu yg merembes atau kerena keringat bisa menjadi media bagi perkembangan bakteri & jamur sehingga menimbulkan iritasi & infeksi. Apalagi , kulit di bagian payudara sangat sensitive, apabila terluka dikhawatirkan bakteri akan masuk ke ASI.
* Bila payudara bengkak, keras dan sedikit sakit. Jangan khawatir, hal ini ditimbulkan akibat produksi ASI yang berlebihan, kompreslah dengan handuk lembut yang hangat.

Ketika anda merasa payudara bengkak & keras kadang pegal akibat produksi ASI, segerakanlah si buah hati disusui karena hal ini akan mengurangi rasa sakit pada payudara, dan "mulut mungil nan imut" sang buah hati lah yang bisa membantu memberikan kenyamanan pada payudara bunda yang sedang menyusui, begitu juga dengan si buah hati yang merasa nyaman & hangat dipelukan bundanya. Memang pada hari pertama menyusui agak sedikit sakit, tetapi semakin sering menyususi rasa sakit itu akan tergantikan dengan rasa nyaman. Dan bunda bisa memberikan ASI kapan saja ketika sang buah hati mau, bunda tidak perlu repot-repot menyiapkan botol & air hangat untuk buat susu formula, apalagi di saat malam hari pada saat tertidur lelap. Itulah kebesaran & kenikmatan tiada tara dari Tuhan yang harus sangat-sangat kita syukuri.

Semoga tips dan saran di atas bisa bermanfaat bagi kita kaum wanita terutama bagi para bunda yang akan menyusui untuk pertama kalinya.

No comments:

Post a Comment